Selasa, 16 Juni 2009

Resume :


Seorang dokter seharusnya melakukan apa yang ia tahu mengenai bagaimana melakukan sesuatu, dan ketika ia mengetahui sesuatu lebih baik lagi maka ia akan dapat melakukannya lebih baik lagi. Sebagai seorang dokter, kita diharuskan untuk menjadi seorang decision maker sehingga untuk mengambil sebuah tindakan medis seorang dokter memerlukan Clinical Reasoning. Clinical Reasoning merupakan proses analisis yang membantu dokter untuk membuat suatu keputusan yang berhubungan dengan evaluasi dan perawatan pada pasien.
Clinical Reasoning mempunyai dampak pada setiap pasien secara fisik, psikososial, emosional, dan kondisi kognitifnya yang tercakup dalam proses rehabilitasi. Proses Clinical Reasoning sangat penting untuk memastikan apakah dokter telah melakukan tindakan medis yang benar dan bertaggung jawab. Hasil dari Clinical Reasoning dapat berupa “ Lakukan apa yang anda tahu mengenai bagaimana cara melakukan perawatan medis dengan aman, bertanggung jawab, dan efektif.
Dan dalam melakukan aplikasi hal ini,seorang dokter memerlukan Clinical Reasoning Skills melalui beberapa tindakan seperti:
Screening → memantau secara langsung agar dapat mengumpulkan info-rmasi yang relevan perawatan benar- benar dilakukan atau si pasien mematuhi anjuran perawatan dari dokter;
Evaluation → menilai apakah telah terjadi perubahan dari perawatan yang diberikan baik berupa kemajuan maupun berupa kemunduran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar